Rui Patricio, Sosok Dibalik Kesuksesan Portugal Di Final Piala Eropa 2016

PIALA EROPA 2016 – Rui Patricio, Sosok Dibalik Kesuksesan Portugal Di Final Piala Eropa 2016 – Kompetisi akbar daratan Eropa baru saja usai, dimana dalam ajang kali ini memunculkan nama baru yakni Portugal. Tim Seleccao tersebut berhasil merebut juara Piala Eropa 2016 setelah berhasil mengalahkan Prancis di final dengan skor tipis 1-0.

Namun ada satu sosok yang dinilai paling menentukan keberhasilan Portugal dalam ajang tersebut, Rui Patricio yang merupakan penjaga gawang Tim Seleccao tersebut terlihat tampil luar biasa dalam menahan setiap gempuran para pemain Prancis. Terlebih sejak kapten Portugal yakni Cristino Ronaldo harus ditarik keluar akibat terlibat benturan dengan salah satu pemain Prancis, Patricio dkk terlihat sangat tetekan. Namun berkat kepiawaian Rui Patricio dalam mengawal pertahanan terakhir tim nya, Seleccao pun berhasil bertahan tanpa kebobolan.

Pada laga Final tersebut statistik pertandingan mencatat bahwa Rui Patricio berhasil mengamankan sebanyak 8 kali tembakan yang menuju kearahnya, dari sekian banyak nya peluang Prancis yang dihasilkan semua nya berhasil dimentahkan oleh kiper berusia 28 tahun tersebut. Disamping itu Portugal harus bersabar dan menunggu hingga babak kedua usai sebelum akhirnya memastikan diri menjadi juara baru.

Puncak nya ialah kala kedua tim memasuki babak perpanjangan waktu tetap nya pada menit ke 109 dimana Eder yang turun menggantikan peran Ronaldo sebelum nya berhasil mencetak gol semata wayang setelah terlihat tanpa kawalan oleh para bek Prancis. Sebuah sepakan keras dari luar kotak gawang tidak mampu dijangkau oleh kiper Hugo Lloris. (ax)